Rangkaian Pelatihan Batik Sangatta Kutai Timur 3

pelatihan batik instansi pemerintah
Peserta rangkaian pelatihan batik Disperindagkop Kab. Kutai Timur Kaltim di Yogyakarta

Setelah dua kali mengirim instruktur untuk memberikan pelatihan batik di Kota Sangatta (Oktober 2013 dan Agustus 2014) atas undangan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kutai Timur, kali ini giliran kami menyelenggarakan pelatihan batik ketiga dengan peserta asal kota yang sama yang dikirimkan ke kami. Pelatihan diselenggarakan di lokasi pelatihan kami di Yogyakarta.  Pelatihan berlangsung pada bulan 21-25 September 2014 selama 5 hari, diikuti oleh 30 peserta yang mayoritas ibu-ibu.
Selama pelatihan, materi yang diberikan adalah praktek membuat batik dengan pewarnaan sintetis. Kegiatan praktek dilakukan pembuatan kain selendang pada kain sepanjang 2 meter.
Peserta dibagi dalam 6 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri atas 5 orang peserta. Kegiatan pelatihanpun berlangsung dalam suasana hiruk pikuk maklum ibu-ibu :), namun penuh dengan keseriusan. Suasana seperti ini justru membuat materi pembelajaran batik mudah diserap dan dipahami. Terbukti selesai pelatihan kain batik bisa diselesaiakan. Pelatihan diisi materi teknik pewarnaan sintetis dengan bahan indigosol, remasol dan naphtol serta penerapan teknik colet disamping cara celup seperti biasanya.
Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, dan kami berharap mudah-mudahan kegiatan pelatihan batik untuk instansi seperti ini bisa berlangsung terus di kemudian hari.


pelatihan batik disperindagkop Kalimantan
peserta dari Sangatta Kaltim belajar pewarnaan batik

pelatihan batik dinas koperasi Kaltim
ibu-ibu peserta pelatihan batik  dari Sangatta belajar mencelup warna

Komentar

Postingan Populer