Kursus Batik Tulis Sutera

csr kursus batik sutra
Peserta kursus belajar batik tulis sutra


Tanggal 8-12 November 2014, Sanggar Berani usaha menyelenggarakan kursus batik di atas kain sutra dengan 4 (empat) peserta ibu-ibu asal Tanjung Pinang, Riau. Kehadiran mereka untuk mengikuti pelatihan membatik ini merupakan implementasi program CSR dari PT. RAPP, pabrik kertas yang beroperasi di kawasan tersebut. Sehubungan dengan kesibukan tentor kami untuk melatih pembuatan batik di lokasi lain, maka proses belajar membatik ibu-ibu ini kami pindahkan ke Pekalongan, sentra kerajinan batik sutra di Indonesia, dan kebetulan kami memiliki unit pelatihan juga di kota tersebut. Pelatihan berlangsung 5 hari di kawasan Wiradesa yang berada 6 km barat kota Pekalongan.
Kegiatan kursus dibagi dalam dua tahapan; Kursus batik tulis (3 hari) dan Kursus Batik Cap (2 hari), kedua pelatihan menggunakan media kain sutera. Pelatihan batik sutra yang berlangsung dibimbing langsung oleh tentor kami yang sudah sangat berpengalaman puluhan tahun menekuni bidang ini. Beliau adalah binaan langsung desainer batik sangat terkenal dari Jakarta yang kini sudah almarhum.  Sebelumnya peserta sudah memiliki pengetahuan mengenai proses batik namun sama sekali belum mengetahui proses produksi batik sutra. Kegiatan diawali terlebih dahulu dengan teori tentang batik sutra, selanjutnya Seluruh proses pembuatan batik dengan medium kain sutra diajarkan mulai dari penyiapan desain batik, pengenalan alat, bahan, proses mencanting, mewarna dan melorot. Demikian juga seluruh tahapan proses batik cap/printing diajarkan.
Kegiatan pelatihan batik yang dimaksudkan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di sekitar pabrik kertas ini, kini telah menampakkan hasil. Berita terakhir yang kami dengar sungguh sangat membahagiakan, pakaian seragam batik karyawan pabrik yang jumlahnya ribuan kini telah diproduksi sendiri oleh ibu-ibu yang kebetulan pernah menjalani pelatihan di tempat kami. Bravo!

Berikut adalah foto2 dokumentasi selama kegiatan kursus / pelatihan batik Sutra peserta asal Riau ini berlangsung.

csr Belajar batik kain sutra
Belajar teori batik di atas kain sutra

 kursus batik tulis sutra
Kegiatan evaluasi bagian dari kursus batik tulis sutra

csr tempat kursus batik sutra
Peserta kegiatan kursus batik sutra bertempat di Sanggar Berani Usaha

Komentar

Postingan Populer