Kursus Membatik Kain Tenun Tradisional pada Hijab

kursus batik kain tenun tradisional
Kain batik pada kursus membatik kain tenun tradisional
Kursus membatik tulis pada kain tenun tradisional selama 5 hari kami selenggarakan atas permintaan Ibu Harlin yang berdomisili di Bekasi, Jawa Barat. Penggunaan kain tenun pada kegiatan ini hanya sebagai media pembelajaran. Tujuan utama beliau adalah ingin mengaplikasi teknik batik pada hijab dan mukena yang saat ini sedang beliau tekuni sebagai usaha sampingan. Kegiatan berlangsung pada tanggal 8-12 Nopember 2015.
Dalam pelaksanaannya, waktu dan materi kegiatan kami sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan beliau. kain tenun troso Jepara sepanjang 2 meter akhirnya dipilih sebagai bahan untuk belajar membatik. Selebihnya 2 helai kain primisima untuk mencoba membuat batik dengan motif yang lain. Kain batik Warna soga dengan gradasi warna 5 tingkat mencoba untuk dibuat dengan mempertimbangkan ketersediaan waktu.
Membatik pada kain tenun tradisional sedikit lebih susah dibanding pada kain jenis lain. Pori-pori pada kain tenun lebih lebar sehingga dibutuhkan teknik tertentu supaya pada saat proses mencanting dilakukan, malam bisa menutup seluruh pori2 kain dengan sempurna. Proses pewarnaan juga sedikit berbeda. Namun demikian, dengan ketekunan peserta, secara bertahap seluruh proses pembelajaran bisa diselesaikan dengan baik. Hasilnya adalah selendang batik dari kain tenun tradisional, kain hijab dan sebuah bandana warna soga (sogan) berhasil dirampungkan.

mencanting batik tenun tradisional
mencanting: membatik kain tenun tradisional

warna batik tenun tradisional
mencelup warna: membatik kain tenun tradisional

melorot malam batik tenun tradisional
melorot malam batik tenun tradisional

kursus membatik Bekasi
hasil kursus membatik peserta dari Bekasi

Komentar

Postingan Populer