Program CSR Kursus Batik Cap Printing Kain Sutra

csr kursus batik printing sutera
kursus batik cap / printing kain sutera

Laporan kegiatan kursus batik cap / printing berikut merupakan tulisan bagian kedua dari laporan mengenai paket kegiatan kursus batik tulis dan cap di atas kain sutera dengan peserta ibu-ibu binaan program CSR PT.RAPP Riau pada 8-12 November 2014. Dokumentasi mengenai kegiatan kursus batik tulis di atas kain sutera telah kami sampaikan pada tulisan sebelumnya.

Kegiatan kursus batik cap berlangsung pada dua hari terakhir dari keseluruhan 5 hari pelatihan. Kegiatan diawali dengan teori mengenai batik cap / batik printing, pengenalan alat dan bahan, pengenalan istilah dalam batik cap, serta dilanjutkan dengan praktek penggunaan canting cap pada media kain sutera. Kegiatan ini dilakukan sepanjang hari pertama kursus. Hari kedua dilanjutkan dengan pewarnaan serta kegiatan melorot malam.
Kesan yang muncul selama pelatihan, belajar pembuatan batik cap ini lebih menarik minat peserta. Terlihat peserta lebih menikmati proses yang dilakukan. Proses pembuatan batik printing lebih mudah dan lebih cepat dilakukan apabila dibandingkan dengan proses pembuatan batik tulis. Hasilnya lebih cepat terlihat bentuknya, cepat jadi, sehingga tingkat kebosanan menjadi berkurang.

Tahap terakhir kursus adalah diskusi untuk mengevaluasi seluruh kegiatan kursus batik cap dan tulis pada kain sutera yang berlangsung hari sebelumnya. Seberapa jauh pencapaian yang didapat peserta, kekurangan yang harus dibenahi dan diskusi mengenai hal-hal lainnya menyangkut batik sutera. Ketrampilan pembuatan batik cap inilah yang pada akhirnya membawa ibu-ibu peserta ini terlibat dalam pembuatan seragam pabrik kertas yang kita sebut di atas.

Berikut foto kegiatan yang menunjukkan aksi ibu-ibu asal Riau ini dengan canting cap mereka.

belajar batik printing
belajar pola batik cap  printing

pelatihan batik cap_printing
belajar pola pada pelatihan batik cap/printing

belajar mencanting batik cap
belajar mencanting batik cap

csr diskusi batik
csr: kegiatan diskusi evaluasi kegiatan batik cap

Komentar

Postingan Populer