Live in Pelatihan Batik Singkat SMA Don Bosco Jakarta

Pelatihan Batik sekolah
Pelatihan batik singkat siswa sekolah
Kegiatan pelatihan batik singkat untuk pelajar sekolah kembali kami lakukan bekerjasama dengan Sanggar Cantrik Yogyakarta pada 10-11 Oktober 1015. Pelatihan pengenalan batik ini menjadi bagian dari program 'Live in' yang diikuti 85 siswa SMA Don Bosco Kelapa Gading Jakarta di pedesaan wilayah kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.
Dalam pelaksanaannya, pelatihan batik singkat dengan peserta siswa sekolah menengah atas ini dibagi menjadi 3 sesi pelatihan dengan durasi masing-masing antara 1,5 sampai 2 jam. Peserta dibagi dalam kelompok kelompok kecil- 1 kompor untuk 4-5 siswa- dan diberi kebebasan untuk menggambar menggunakan canting sebuah desain / motif sesuai minat mereka. Setelahnya, baru dikenalkan pada proses mencelup warna serta melorot.
Sungguh membahagiakan, kegiatan berlangsung kondusif dan minat sebagian besar siswa untuk mempelajari proses pembuatan batik cukup tinggi. Selain menikmati setiap tahapan proses membuat batik, ditunjukkan dengan banyak terjadi tanya jawab, motif yang mereka buat juga cukup menarik. Keseluruhan proses kegiatan menunjukkan minat tinggi mereka pada proses pembutan batik.

live in belajar batik batik
Live in: siswa sekolah berlatih menggambar menggunakan canting

program batik sekolah
Live in: siswa belajar batik; mencelup warna 

instruktur pelatihan batik sekolah
Live in: siswa dan instruktur pelatihan batik  sekolah

Komentar

Postingan Populer